Jenis-Jenis Bahan Kulit Sepatu Safety Caterpillar paling Recommended

Sepatu safety Caterpillar terbuat dari bahan kulit asli. Sehingga tampak elegan dan mewah ketika digunakan. Selain mendukung penampilan Anda, sepatu ini juga dapat melindungi Anda dari berbagai bahaya yang dapat melukai bagian kaki Anda. Jika Anda bekerja sebagai pegawai dengan risiko kerja tinggi maka penggunaan sepatu ini menjadi hal wajib.

Sebelum membeli sepatu ini hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ialah kualitas bahan yang digunakan. Pilihlah sepatu safety dari kulit. Anda juga harus dapat membedakan ciri kulit asli dan kulit buatan atau sintetis. Sehingga Anda tidak akan tertipu, karena sepatu safety kulit dijual dengan harga cukup tinggi.

Selain bahan, Anda juga harus memperhatikan desainnya. Apabila Anda bekerja pada perusahaan tambang maka hindari memilih jenis sepatu dengan desain bertali. Akan lebih baik jika Anda memiliki sepatu tanpa tali agar pada saat bekerja Anda tidak akan direpotkan dengan tali yang lepas.

Macam-Macam Bahan Kulit Untuk Membuat Sepatu Safety

Ada beberapa macam bahan kulit yang digunakan untuk membuat sepatu safety Caterpillar. Bahan kulit tersebut adalah sebagai berikut:

  • Full grain leather

Jenis bahan kulit satu ini masih mempertahankan ciri alami kulit mulai dari tekstur hingga polanya. Sepatu yang terbuat dari jenis kulit ini akan menonjolkan guratan pada kulit asli dan tanpa dilakukan proses modifikasi. Full grain leather merupakan bahan kulit paling berkualitas dan memiliki durabilitas paling tinggi.

  • Nappa

Nappa masih termasuk pada jenis kulit full grain leather hanya saja terbuat dari kulit anak domba atau kerbau. Perbedaannya dengan full grain leather ialah kulit ini lebih mengkilap. Akan tetapi kulit jenis ini mudah sekali pecah sehingga hanya digunakan sebagai pelengkap sepatu pada bagian dalam.

  • Suede leather

Bahan kulit untuk sepatu safety Caterpillar selanjutnya adalah suede leather. Bahan ini memiliki tekstur lembut dan memiliki bulu halus. Jika dibuat menggunakan bahan kulit ini maka sepatu safety akan terlihat lebih elegan dan cocok untuk sepatu safety wanita.

  • Nu buck leather

Jenis bahan kulit ini memiliki tekstur yang agak kasar, oleh sebab itu perlu dihaluskan dengan cara menggosoknya secara perlahan dan lembut. Proses menghaluskan ini akan memperlihatkan serat halus pada permukaan kulit. Jika diraba akan terasa halus bagaikan kain beludru.

Perkembangan Bahan Sepatu Safety dari Awal Diproduksi

Terdapat beberapa fakta unik seputar sepatu safety ini yang menarik untuk Anda simak, yaitu sebagai berikut:

  • Penggunaan pertama kali sepatu safety

Penggunaan sepatu safety pertama kali yaitu pada abad ke 17 yaitu dilakukan oleh negara Belanda. Pada mulanya sepatu ini bentuknya menyerupai boots dan terbuat dari kayu. Sepatu tersebut disebut dengan Sabots.

  • Produksi masal sepatu safety

Sepatu safety pertama kali diproduksi secara masal pada tahun 1930 oleh negara Amerika Serikat. Sepatu tersebut ditujukan kepada para pekerja bidang industry untuk mengurangi risiko tertimpa benda berat seperti besi, baja, beton, dan lainnya.

  • Standarisasi keamanan sepatu safety

Sepatu safety memiliki standar keamanan pada tahun 1970. Pada saat itu Kongres Amerika Serikat menetapkan ketentuan keamanan dan kesehatan kerja dengan tujuan untuk melindungi para pekerja pada negara tersebut. Di dalamnya juga termuat sepatu safety yang wajib digunakan oleh pekerja.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi kini telah hadir berbagai macam desain dan bentuk sepatu safety. Tentunya kualitas bahan yang dipakai juga lebih berkembang untuk menunjang kekuatan sepatu. Sehingga kini sepatu safety tidak hanya digunakan sebagai media untuk melindungi diri pada bekerja akan tetapi sepatu safety Caterpillar juga bisa untuk aktivitas lainnya. Untuk pemakaian yang lama anda perlu belajar melakukan Perawatan Sepatu Safety Caterpillar agar awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *