Yang Perlu Diketahui Tentang Saluran AC

 

Sebagian besar perusahaan, terutama pabrik, memajang pipa atau terowongan logam biasanya di bagian atas gedung. Terowongan ini adalah saluran AC yang mengangkut udara ke seluruh bangunan.

Hal pertama yang harus diingat tentang saluran udara ini adalah bahwa saluran tersebut hanya bekerja dengan unit udara sentral, dan bukan dengan sistem split.

Sekarang, bagaimana saluran AC melakukan fungsi yang luar biasa untuk menjaga ruangan berventilasi baik? Sederhananya, ia mengumpulkan udara segar dari luar gedung terlebih dahulu, menyimpan udara ke dalam unit udara sentral dan kemudian mendinginkannya. Sistem saluran AC kemudian mendistribusikan udara yang didinginkan ke berbagai bagian tempat pemasangannya.

Saluran AC dapat dibuat dari baja galvanis, rangka kawat berlapis plastik, atau kain. Jenis material yang digunakan untuk membangun saluran tergantung pada kebutuhan penghuninya. Sampai saat ini, saluran yang paling disukai adalah yang terbuat dari baja galvanis, karena dapat menahan korosi. Selain itu, saluran tidak dapat dihindarkan untuk dibasahi dengan air, itulah sebabnya banyak orang selalu lebih memilih properti ini. Namun, saluran yang terbuat dari jenis lain juga menjadi semakin populer karena beberapa orang berpendapat bahwa saluran baja lebih rentan terhadap kebocoran udara, tidak seperti saluran plastik atau kain.

Pada catatan lain, dalam kasus kebocoran saluran udara, penyedia layanan dapat merakit peralatan diagnostik untuk menguji dan menentukan kebocoran udara. Biasanya, dua jenis peralatan digunakan. Yang pertama memperhitungkan dan memberikan ukuran jumlah udara yang terbuang karena kebocoran. Peralatan lainnya digunakan untuk menopang yang pertama dengan menyetarakan tekanan udara.

Bentuk saluran AC mungkin juga menjadi faktor penentu bagi beberapa klien saat memilih salah satunya. Kebanyakan klien lebih memilih saluran persegi atau persegi panjang karena banyak yang percaya bahwa saluran ini dapat dipasang dengan mulus di langit-langit dibandingkan dengan saluran bulat dan spiral. Sebaliknya, saluran bulat harus lebih disukai dalam hal efisiensi karena desain ini memungkinkan aliran udara dalam jumlah yang lebih besar.

Jika ada cara untuk membuat saluran bulat pas dengan langit-langit bangunan, maka itu akan lebih baik. Jenis terakhir, spiral, hanya disukai jika saluran akan ditampilkan, yaitu tidak akan ditutup di dalam langit-langit. Meskipun ini paling tidak efisien, ini pasti akan terlihat lebih rapi; Oleh karena itu, memberikan nilai tambah bagi estetika bangunan terutama jika ditata secara kreatif.

Terakhir, penting untuk memastikan pembersihan saluran AC secara teratur karena ini akan menghasilkan aliran udara yang lebih baik dan penggunaan energi yang lebih sedikit.

 

sumber : service ac di pekanbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *