Teluk Penyu, Lokasi, Fasilitas, Rute & Harga Tiket 2019

Teluk Penyu

Teluk Penyu adalah tujuan wisata pantai yang terletak di pantai selatan Jawa. Sebagian besar wisatawan akan menganggap bahwa mereka akan melihat puluhan atau bahkan ratusan penyu di sini. Tetapi kenyataan saat ini tidak terjadi karena kondisinya berbanding terbalik. Nama itu diberikan karena dulu ada banyak populasi kura-kura yang hidup di pantai ini. Namun, seiring berjalannya waktu dan hiruk pikuk kegiatan memancing dan kapal, penyu akhirnya mencari habitat baru. Kabarnya, kura-kura pindah ke pantai Bali dan Lombok.

Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga bisa berwisata ke Pulau Nusakambangan di tengah laut. Transportasi perahu motor tersedia dengan biaya yang terjangkau. Keberadaan pulau ini merupakan batas antara Turtle Beach dan Samudera Hindia. Tur Jawa Tengah ini telah menjadi mata pencaharian penduduk lokal, yang sebagian besar adalah nelayan. Pantai digunakan sebagai dermaga atau tempat berlabuh kapal penangkap ikan.

Hamparan laut nan eksotis dengan pasir hitam begitu indah untuk dilihat. Selain menjadi tujuan yang menarik untuk berenang dan bermain pasir, wisatawan juga dapat memancing di pantai ini. Ada bangunan seperti jembatan yang memanjang hingga ke tengah laut. Jembatan ini umumnya digunakan sebagai tempat untuk menarik para nelayan atau wisatawan yang datang. Tidak jauh dari lokasi pantai, pengunjung juga dapat melihat benteng yang bangunannya memasuki laut. Dikatakan bahwa tempat itu digunakan sebagai benteng oleh Belanda.

Baca juga : De Mata Trick Eye Museum Jogja

Harga tiket untuk Teluk Penyu

Biaya masuk ke tempat wisata sangat murah. Pengunjung hanya harus membayar 5.000 IDR. Tarif sudah termasuk dalam pajak parkir kendaraan. Jika pengunjung menggunakan perjalanan lain di daerah wisata seperti perahu, mereka harus membayar biaya sesuai dengan tarif yang ditetapkan.

Lokasi

Teluk Penyu terletak di wilayah selatan Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya cukup strategis karena hanya 2 kilometer sebelah timur dari pusat pemerintahan kota Cilacap. Karena itu, lokasi pantai sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Fasilitas

Fasilitas pendukung di kawasan wisata termasuk parkir yang luas. Pantai luas yang mencapai hampir 4 hektar selalu ramai, sehingga parkir yang memadai disediakan untuk kendaraan. Selain itu, ada kamar mandi dan kamar pembilasan untuk pengunjung yang ingin mencuci setelah berenang di Turtle Beach. Tidak lupa, bangunan masjid sebagai tempat ibadah juga tersedia di tempat ini.

Baca juga : Paket Wisata Jogja dari Surabaya

Ada deretan warung atau warung kuliner yang menjual ikan asin atau ikan segar yang siap diproses. Pengunjung dapat memesan berbagai ikan olahan segar dalam bentuk panggang, goreng, tumis atau ikan lainnya. Selain kuliner, ada beberapa kenangan unik dan menyenangkan yang dibuat dari berbagai bentuk kerang laut dengan harga terjangkau.

Jam buka

Wisata Pantai Penyu buka setiap hari dari Senin hingga Minggu mulai 08.000-19.00 WIB. Namun, pantai ini biasanya dipadati wisatawan pada akhir pekan dan hari libur nasional.
Turtle Bay adalah salah satu dari sekian banyak pantai di Kabupaten Cilacap yang harus dikunjungi. Selain pantainya yang indah, pengunjung juga disuguhi beberapa destinasi lain di sekitar pantai, seperti Pulau Nusakambangan dan Benteng Pendem. Sangat disayangkan jika Anda melewatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *