Wisata Goa Kiskendo Kulonprogo

Goa Kiskendo Kulonprogo

Gua Kiskendo adalah gua yang saat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Gua ini memiliki keunikan tersendiri karena dikaitkan dengan sejarah Ramayana. Selain menjadi unik, wisatawan juga dapat mempelajari sejarah kompleks goa. Setiap bagian dari Paket Wisata Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang tidak diragukan lagi unik.

Gua Kiskendo adalah sebuah gua yang telah ada sejak zaman kuno, sekarang merupakan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Sebenarnya, ada banyak gua di Yogyakarta, terutama di daerah Kulonprogo. Goa adalah gua Maria paling terkenal yang juga digunakan sebagai tempat ibadah bagi orang Kristen.

Harga tiket untuk Goa Kiskendo

Inputnya hanya Rp. 3000 per orang Biaya lain yang harus Anda keluarkan adalah biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Ada pertunjukan tari Ramayana yang diadakan setiap hari mulai jam 10 pagi.

Lokasi gua Kiskendo

Tempat wisata Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, lokasi tepatnya sekitar 38 kilometer dari pusat kota Jogja. Rute untuk sampai ke rute Kulonprogo cukup mudah, pengunjung hanya perlu pergi ke jalan Godean dan kemudian melanjutkan langsung ke barat ke jalan gua Kiskendo. Jalannya panjang dan berkelok-kelok karena berada di bawah pegunungan yang terinsisi.

Fasilitas di gua Kiskendo

Fasilitas yang ada di gua ini adalah air minum segar, yaitu tetesan air stalaktit di bagian atas gua. Selain itu, karena gua ini adalah wisata alam, fasilitas lainnya belum tertata dengan baik. Meski begitu, Anda masih bisa mendapatkan fasilitas ini dari gua ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan Anda dapatkan ketika Anda mengunjungi Gua Kiskendo.

  • Air tawar di gua.

Anda berkesempatan menikmati air tawar di gua. Itu tepat di tengah-tengah gua, di sebuah ruangan kecil yang terlihat seperti lorong. Di dalam ruangan juga ada satu tong penuh stalaktit. Air adalah air tawar yang bisa pengunjung minum setelah berjalan melalui gua.

Baca juga : Wisata Kebun Buah Mangunan

  • Sebuah kelegaan dari sejarah Ramayana

Banyak yang mengaitkan gua ini dengan sejarah Ramayana di masa lalu. Walaupun ceritanya adalah kisah yang terjadi di India dan bukan di Indonesia. Bahkan, itu tidak hanya mengurangi cerita Ramayana, tetapi juga beberapa kisah lain yang diceritakan di gua ini.

Ada sejarah sejarah gua Kiskendo, ada juga kisah pertempuran Sugriwa dan Subali melawan Mahesa Sura dan Ox Sura. Bahkan di atap gua ada juga relief yang menunjukkan kepanikan Sugriwa dan Subali ketika mereka terkurung di dalam gua karena pintu masuk yang tertutup.

  • Pertunjukan tari

Selain menikmati pemandangan indah di gua Kiskendo, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan tari di area gua. Pertunjukan tari reguler dimulai pukul 10 pagi setiap hari. Temanya adalah kisah Ramayana, pengunjung akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan pertunjukan ini.

Jam buka Goa Kiskendo

Gua kiskendo ini buka mulai jam 8 pagi. jam 2 siang Setiap hari, bahkan di akhir pekan Anda masih bisa memasuki gua ini. Sejauh ini, apakah Anda tertarik untuk datang ke gua Kiskendo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *